Friday, 29 May 2015

Perihal Cerita dan Rahasia Manis Dari Sebuah Lagu

"Aku percaya bahwa sebuah lagu memiliki kenangan dan rahasianya sendiri - Ai"


     Sekitar tiga tahun yang lalu seorang teman yang baik mengenalkan aku sebuah lagu apik. Aku mengenali lagu tersebut adalah lagu dari OST film Thailand. Meski aku tidak mengerti bahasa dan makna dari lagu ini, aku sangat menikmati beat dan tiap lirik yang dinyanyikan. Seperti ada rahasia yang tersimpan dari lagu dan hati si penyanyi.

     Ahhh... Aku sering--lebih tepatnya tiap hari-- memutar lagu ini hingga tak terhingga untuk mengingat kembali film yang ku tonton (salah satu kebiasaan yang ga berubah dari dulu). Habis, ulang lagi. Habis, ulang lagi. Rasanya seperti ada perasaan yang tertinggal ketika lagu ini habis, maka dari itu aku selalu mengulangnya terus. 

     Aku menikmati setiap nada, tekanan, dan irama yang membuatku berpikir aku tidak perlu tau arti dari lagunya. Bukankah terkadang kita hanya perlu menikmati sebuah lagu dan perasaan yang mengalir dari lagu tersebut tanpa harus mengerti maknanya? Dan walaupun tidak mengerti makna dari sebuah lagu, lagu tersebut memiliki kenangan dan perasaannya sendiri.

     Seperti saat tiga tahun yang lalu--tepatnya malam ini--aku mendengar lagi tembang lagu penuh kenangan itu. Hati dan pikiranku seakan terseret kembali ke saat usiaku 18 tahun. Ketika pertama kali aku diperdengarkan lagu yang menyenangkan ini, dan aku hanyut sehanyut-hanyutnya. Sambil menikmati hanyut dengan lagu ini, akhirnya aku membaca arti dari liriknya, berulang-ulang hingga aku merasa cukup.

     Bagiku, lagu ini dikenalkan tidak hanya sebagai lagu perkenalan saja atau lagu dengan tembang yang menarik hingga membuat pendengar akan mengulangnya tanpa bosan. Tidak. Lagu ini punya rahasia. Lagu ini punya cerita yang ketika dinyanyikan seakan bercerita kepada orang banyak mengenai rahasianya, sehingga lagu ini memiliki rahasia yang dimiliki setiap orang. Dan sama seperti lagu ini, aku juga punya rahasia. Tapi, seperti lagu ini pula, ada kalanya rahasia tidak perlu diungkapkan karena tidak bisa diungkapkan, hanya saja semoga kelak rahasia ini juga akan pantas diperdengarkan kepada orang banyak. Semoga saja.

No comments:

Post a Comment